Realme X3 SuperZoom Hadir di Indonesia 16 Juni, Ini Kelebihan danKekurangannya

Realme SuperZoom Hadir di Indonesia – Realme memperkenalkan ponsel terbarunya, X3 SuperZoom minggu lalu. Awalnya, ponsel diumumkan di pasar Eropa dengan harga 499 euro atas setara dengan Rp 8 juta. Kini ponsel tersebut akan hadir di pasar Indonesia mulai 16 Juni mendatang.

Ponsel high-end ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Realme X3 SuperZoom

Kamera periskop

Pertama, Realme X3 SuperZoom merupakan ponsel pertama dari Realme yang menggunakan kamera periskop.

Perlu diketahui, periskop merupakan teknologi baru dalam bidang kamera ponsel yang bekerja untuk pembesaran gambar optikal. Dilansir CNN Indonesia, teknologi ini bakal menjadi medan tempur para vendor ponsel setelah mereka sebelumnya bersaing dalam memproduksi ponsel dengan kamera piksel lebih besar dan multi lensa.

Periskop berfungsi melakukan perbesaran optikal kamera hingga 5 kali. Pada kamera ponsel standar saat ini, perbesaran optikal hanya mampu hingga 3 kali saja.

Sebelumnya, baru dua vendor yang sudah menerapkan periskop pada produk ponsel mereka, yakni Hauwei dan Oppo. Lalu kini ditambah Realme melalui salah satu ponsel unggulannya, X3 SuperZoom.

Dikutip dari GSMArena, Realme X3 SuperZoom menggunakan empat kamera (quad camera) dengan lensa utama 64MP. Sementara untuk teknologi periskop diterapkan pada lensa kedua dengan kapasitas 8MP. Periskop kamera mampu memperbesar gambar optikal hingga 5 kali.

Lalu kamera selanjutnya masih sama memiliki resolusi 8MP untuk ultrawide. Kemudian kamera terakhir untuk makro sebesar 2MP. Semua lensa kamera disematkan di punggung ponsel dengan formasi vertikal. Terdapat fitur tambahan untuk kamera, yakni LED Flash, HDR dan panorama.

Kehandalan kamera utama X3 SuperZoom ini adalah kemampuan merekam video dengan kualitas 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps dan 720p@960fps.

Sementara kamera sekunder untuk selfie memiliki dua lensa, masing-masing berkapasitas 32MP dan 8MP. Dua kamera sekunder ini masing-masing berfungsi untuk wide dan ultrawide, yakni memungkinkan bisa menangkap banyak objek ke dalam frame.

Mesin lebih gahar

Realme X3 SuperZoom memiliki mesin gahar yang menggerakkan perangkat lunak dalam ponsel. Chipset Snapdragon 855+ memang salah satu prosesor terbaik dari Qualcomm. Chipset inilah yang memberi tenaga dengan kinerja terbaik pada ponsel baru Realme tersebut.

Diketahui, Snapdrgon 855+ merupakan platform mobile yang memberi kekuatan baru untuk meningkatkan kinerja ponsel untuk gaming. Qualcomm mengklaim bahwa prosesor ini mampu melakukan rendering (menjalankan) grafis game 15 persen lebih cepat daripada pendahulunya, Snadragon 855 standard. Selain itu, Snapdragon 855+ bisa meningkatkan kinerja CPU ponsel.

RAM dan ROM besar

Kinerja mesin didukung oleh RAM lebih gede. Realme X3 SuperZoom memiliki dua varian RAM dan ROM, masing-masing 8GB/256 dan 12GB DDR5/UFS 3.0 (512GB).

Seperti kita ketahui, DDR5 menjadikan memori lebih padat sehingga hemat baterai. Selain itu, DDR5 membuat kinerja CPU kian kenceng. Memori jenis ini diterapkan pada laptop sehingga jika ponsel menggunakan RAM yang sama, maka itu artinya kinerjanya kian cepat.

Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Meski memiliki kelebihan, namun ponsel ini juga tak lepas dari kekurangan.

Kualitas layar

Di atas kertas, ponsel X3 SuperZoom mengusung layar 6,6 inci dengan rasio bodi ke layar 84,7 persen. Artinya bahwa ponsel ini masih menyisakan bezel cukup lebar. Ponsel dengan harga Rp 8 juta, sebenarnya diharapkan memiliki layar lebih luas sehingga bezel yang tersisa sedikit. Biar tampak keren ya.

Lalu kekurangan kedua dari segi layar adalah resolusi. Sangat disayangkan, ponsel dengan mesin lebih gahar dan RAM besar ini hanya memiliki resolusi 399ppi. Idealnya, kualitas resolusi adalah 400pp lebih demi mampu menampilkan gambar dan video yang lebih cekas, tajam serta jernih. Apalagi, ponsel ini sangat cocok untuk bermain game.

Baterai kurang jumbo

Kami berharap, ponsel dengan dalemannya yang rigid itu memiliki baterai jumbo. Ya minimal 5.000 mAh. Namun kenyataannya, Realme X3 SuperZoom ini hanya mengusung baterai 4200 mAh.

Namun kekurangan ini bisa tertutupi oleh RAM DDR5. Karena RAM ini disebut mampu menghemat baterai. Selain itu, terdapat teknologi pengisian daya cepat 30W yang mampu mengisi baterai hingga 100 persen penuh dalam waktu 55 menit.

Namun secara umum, ponsel Realme X3 SuperZoom masih pantas dilepas seharga Rp 8 juta. Sebab, kekurangan tadi mampu ditutup oleh kelebihannya, yakni kamera periskop dan mesin serta RAM lebih gede.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *