Protokol Kesehatan Hotel di Era New Normal

Protokol Kesehatan Hotel di Era New Normal – Memasuki new normal, sejumlah tempat dan fasilitas umum mulai dibuka dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebab, jika tidak, maka tempat itu malah bisa jadi episentrum penyebaran corona.

Beberapa lokasi yang mulai dibuka dengan protokol kesehatan ketat itu adalah perusahaan dan hotel. Mereka dibuka karena merupakan pendukung penting dalam keberlangsungan perekonomian.

Kementerian Kesehatan pun membuat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum. Keputusan Menkes itu disahkan pada 19 Juni 2020.

Berikut protokol kesehatan bagi hotel, penginapan dan sejenisnya yang dikutip dari Liputan6. Ada tiga kelompok prosedur sesuai dengan entitas hotel.

1. Pengelola

– Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintahdaerah terkait COVID-19 di wilayahnya.

– Memastikan seluruh pekerja hotel memahami tentang pencegahan penularan COVID-19.

– Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung agar selalu mengikuti ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisplinan penggunaan masker.

– Menyediakan handsanitizer di pintu masuk, lobi, meja resepsionis, pintu lift, dan area publik lainnya.

– Menjaga kualitas udara dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari, serta melakukan pembersihan filter AC.

– Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) menggunakan pembersih dan disinfektan pada area atau peralatan yang digunakan bersama seperti pegangan pintu dan tangga, tombol lift, pintu toilet dan fasilitas umum lainnya.

– Larangan masuk bagi karyawan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas. Karyawan mengisi formulir self assessment risiko COVID-19 sebelum masuk bekerja (Form 1) dan dilakukan pemeriksaan suhu.

– Memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan di pintu masuk/lobi.

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di tiap kamar.

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di Ruang Pertemuan

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di Ruang Makan.

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di Kolam Renang.

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di Pusat Kebugaran .

– Memperhatikan kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan di Musala di hotel atau tempat penginapan lainnya.

2. Pegawai

– Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat bekerja.

– Saat perjalanan dan selama bekerja selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan hindari menyentuh area wajah.

– Memakai alat pelindung diri tambahan seperti sarung tangan saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat menangani limbah, termasuk saat membersihkan kotoran yang ada di meja restoran atau di kamar.

– Berpartisipasi aktif mengingatkan tamu untuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter.

– Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

– Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS seperti mengonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.

3. Tamu

Untuk para tamu atau pengunjung hotel/penginapan/homestay/asrama dan sejenisnya, ada enam hal yang harus diperhatikan dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

– Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum keluar rumah. Kalau mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

– Selalu menggunakan masker selama perjalanan dan saat berada di area publik.

– Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

– Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

– Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

– Membawa alat pribadi termasuk peralatan ibadah sendiri seperti alat salat.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *