Manfaat Alang-alang bagi Kesehatan

Manfaat alang-alang bagi kesehatan – Alang-alang juga memiliki sebutan lain yaitu ilalang dan juga lalang serta memiliki nama ilmiah imperate cyilindrica.

Yang termasuk ke dalam jenis tanaman rerumputan yang memiliki daun-daun yang tajam. Tanaman ini sering sekali dipanggil dengan tanaman gulma yang merusak.

Rumput alang-alang ini hidup menahun, memiliki tunas yang panjang dan memiliki sisik serta akarnya hidup dengan merayap dibawah tanah, berbatang pendek dan tentunya memiliki bunga.

Cara tumbuh alang-alang

Tanaman alang-alang ini mempunyai perkembangbiakan yang cukup terbilang cepat. Sesuai dengan angin yang menghampiri alang-alang tersebut untuk menaburkan benih-benih yang tepat.

Tanaman ini memang cukup unik, karena pada dasarnya tanaman alang-alang ini berbeda dengan tanaman rumput lain yang bisa tumbuh hidup liar dimana saja. Justru, tanaman ilalang ini membutuhkan tanah yang subur untuk proses ia berkembang.

Alang-alang ini dalam proses kehidupannya ia memerlukan sinar matahari yang cukup. Tumbuhan ini memang termasuk tumbuhan yang berkembang pesat. Sehingga ia akan memenuhi tanah bekas hutan, bekas sawah yang belum ditanami atau bisa juga tumbuh pada ladang ladang yang memang masih menjadi tanah kosong tanpa tanaman.

Alang-alang berasal dari tanah India yang sekarang sudah mulai menyebar banyak negara-negara tertentu. Seperti ke Asia Timur dan Asia Utara, Asia Tenggara, Australia, Mikronesia, Amerika, Afrika, Eropa. Karena memang sifat dari tanaman alang-alang ini ingin berkuasa. Oleh karenanya, pada banyak tempat tanaman ini dianggap gulma yang membandel.

Manfaat alang-alang

Namun secara tidak langsung walaupun tanaman ini dianggap sebagai gulma, namun tanaman alang-alang ini ternyata dapat gunakan sebagai pemadat tanah untuk mencegah erosi dan juga longsor. Dan kerap pula akar dan rimpang alang-alang digunakan sebagai bahan obat tradisional. Manfaat dari akar dan rimpang alang-alang untuk kesehatan ialah :

  • Membantu meredaka panas dalam, kita bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengambil umbi akar dari tanaman alang-alang tersebut.
  • Membantu melancarkan saluran kencing dan juga mengatasi kencing yang disertai dengan darah.
  • Membantu mengatasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal, khasiat ini juga diambil dari akar dan umbi tanaman tersebut.
  • Membantu mengatasi gejala muntaber.
  • Membantu mengatasi keputihan pada wanita, masih dengan memanfaatkan akarnnya.
  • Membantu menghancurkan batu empedu
  • Membantu mengatasi tubuh yang kekurangan vitamin C
  • Membantu mengatasi peyakit prostat, batu rejan campak, radang hati dan hepatitis
  • Membantu menyembuhakan penyakit asma
  • Mencegah terjadinya penyakit paru-paru dan jantung koroner
  • Membantu mengontrol tekanan darah
  • Menghilangkan gangguan pencernaan
  • Membantu mengobati urat-urat syaraf yang lemah.

Selain bagian akar dan rimpang, bagian dari bunga alang-alang juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah mimisan dengan memanfaatkanya untuk pengobatan bagian luar tubuh.

Ternyata rahasia manfaat di balik tanaman yang sering dianggap gulma ini sangatlah banyak dan tentunya bermanfaat sekali untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *