Makanan untuk Penderita Gerd atau Asam Lambung

sayuran

Penderita gerd atau asam lambung memang mesti hati-hati dalam memilih soal makanan, begitu biasa artikel tentang menu kesehatan yang umumnya kita temukan di internet.

Pernyataan itu memang benar. Namun demikian, kehati-hatian itu jangan sampai berlebihan sehingga makanan yang dikonsumsi pun menjadi sedikit.

Alhasil, bukannya menyembuhkan, pilih-pilih makanan yang berlebihan justru mempeparah gerd dan bahkan bisa menjadi kekurangan gizi.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai penderita asam lambung, terlalu memilih makanan secara ketat malah berujung pada penderitaan lain. Kekurangan gizi, kurang vitamin B dan lain-lain.

Gejala yang muncul adalah rasa dingin di badan akibat asupan makanan berkurang. Ke mana-mana saya harus memakai jaket. Mandi pakai air dingin pun nggak kuat.

Selain rasa dingin yang berlebihan, badan saya sering bergetar. Badan menjadi kurus sementara asam lambung tak kunjung mereda.

Bahkan saya sempat divonis hipertiroid karena dokter melihat gejala-gejala tersebut. Memang diagnosa dokter demikian berdasarkan hasil tes darah. Akan tetapi saya pernah konsultasi ke dokter lain untuk mendapatkan second opinion. Dokter lain menyebutkan, nilai hasil tes darah normal-normal saja. Sebagai pencegahan, akhirnya saya melakukan terapi selama tiga bulan.

Lalu saya berpikir apa yang menyebabkan badan saya kerap kedinginan dan gemetaran? Setelah merenung dan menerawang kembali perilaku cara makan saya, maka disimpulkan bahwa penyebabnya adalah kurangnya asupan makanan bergizi. Ditambah masih ada luka lambung. Klop sudah dua dosa itu menyebabkan saya sering gemetaran dan kedinginan yang berlebihan.

Akhirnya, saya berusaha untuk makan bebas tapi terkontrol. Artinya saya bisa makan apa saja, tapi tidak berlebihan. Makanan pedas, bersantan, lemak, dan lainnya, dengan porsi yang secukupnya. Tapi bagi kamu yang belum kuat makan makanan yang pedas, jangan tiru dulu cara makan saya ya. Tapi suatu hari, kamu akan bisa makan makanan pedas, hehe.

Pernah dokter menyarankan agar jangan dulu makan cokelat karena bisa memicu asam lambung berlebihan. Namun saya bandel dan tetap memakannya. Tapi sekali lagi tidak berlebihan. Ya, ada sedikitlah efek ke asam lambung. Tapi saya menyiasatinya dengan minum air yang agak panas dengan diminum secara perlahan-lahan.

Kembali ke soal makanan. Beberapa dokter menyarankan kepada penderita gerd agar menghindari buah-buahan masam, makanan cokelat, berlemak tinggi dan pedas. Ya betul. kamu harus mematuhinya. Tapi sesekali kamu boleh memakannya asal jangan berlebihan dan tidak sering. Itu pun jika lambungmu sudah mulai membaik.

Namun alangkah baiknya jika kamu memakan makanan yang benar-benar dianjurkan oleh dokter.

Ada beberapa makanan untuk penderita gerd atau asam lambung. Antara lain oatmeal, jahe, lidah buaya, sayuran hijau, daging tanpa lemak, pisang, dan roti. Namun itu juga tergantung kondisi tubuhmu dan yang peling penting jiwamu alias pikiranmu.

Saya pernah memakan roti dan jahe. Asam lambung tetap naik kok. Kenapa? Karena saya masih menyimpan pikiran stres sehingga makanan apa pun yang masuk, asam lambung tetap naik.

Jadi kesimpulan saya di artikel ini soal menu kesehatan untuk penderita gerd adalah apa pun makanannya boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Lalu perbaiki pola pikir dan seringlah minum air putih yang hangat dan diminum secara perlahan-lahan.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *