Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 8

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 8 – Banyak orang kini berminat pada HP Xiaomi karena selain harga yang terjangkau, spesifikasinya pun terbilang mumpuni.

Salah satu ponsel yang diminati itu adalah Redmi 8. Smartphone ini dirilis pada Oktober 2019, namun sampai sekarang banyak dicari orang.

Lantas apa kelebihan Redmi 8 hingga sampai orang ingin memilikinya? Tim Infohpxiaomi.com mencoba menelusuri dengan melihat spesifikasi ponsel besutan perusahaan yang berbasis di China ini.

Namun sebelum menjelaskan lebih jauh tentang kelebihan ponsel ini, kami akan sedikit mengulas spesifikasinya.

Desain

Redmi 8 memiliki desain yang terkesan mewah dengan harga murah, hanya Rp 1,699 juta. Kesan mewah terlihat pada warna yang diterapkan, yakni merah glossy. Sementara desainnya menggunakan konsep 3D.

Dari segi bentuk, ponsel ini mudah digenggam karena ukurannya tidak terlalu besar, yakni 156,4 x 75,4 x 9,4 mm, dan bobotnya ringan, hanya 188 gram.

Bagian punggung terdapat tempat penempatan kamera utama yang berada di tengah. Posiisinya vertikal dan tampak unik dan modern.

Tombol power dan volume ditempatkan di sisi kanan. Sedangkan lubang untuk kartu eksternal serta kartu SIM diposisikan di samping kiri. Penempatan ini sudah biasa dilakuakn Xiaomi untuk beberapa ponselnya.

Yang menarik adalah adanya fitur infrared yang diletakkan di sisi atas Redmi 8. Fitur ini sangat jarang ditemui di ponsel merek lain, sekalipun itu dari kelas flagship. Selain itu, Redmi 8 juga menggunakan lubang jack type C yang disebut terbaik.

Layar

Xiaomi Redmi 8 mengusung layar 6,22 inci dengan adanya lubang pini (notch) di depan tengah untuk menyematkan kamera selfie. Rasio layar ke bodi 81,8 persen sehingga bagian perumkaan ponsel didominasi layar dan menyisakan sedikit bezel di pinggirnya sehingga tampak keren.

Belum lagi dengan resolusi layar yang lumayan gede untuk ukuran ponsel murah ini, yakni 720 x 1520 piksel sehingga mampu menampilkan gambar dan video yang cekas dan jernih. Untuk mencegah goresan benda keras, layarnya dilindung Corning Gorilla Glass 5.

Prosesor

Redmi 8 ditenagai prosesor Snadragon 439 besutan Qualcomm dengan dukungan RAM 3GB hingga 4GB dan memori internal atau ROM 32GB hingga 4GB. Performa mesin dipastikan cukup kencang berkat prosesor octa-core. Kerja-kerja multitasking pun berjalan lancar.

Untuk mendukung performa dalam menjalankan aktivitas grafis seperti edit video atau bermain game, Redmi 8 melengkapi diri dengan kartu grafis (GPU) Adreno 505. Spek GPU dari Adreno dikenal memiliki reputasi dalam bidang pengolahan grafis ponsel.

Ponsel ini berjalan di atas sistem operasi 9.0 (pie) dengan dukungan MIUI 11. Kamu bisa mengunduh game-game paling mutakhir berkat sistem operasi yang terbilang kekinian itu.

Kamera

Masuk ke sektor kamera, Redmi 8 mengandalkan dua lensa yang disematkan di punggung dengan formasi vertikal. Kamera utama memiliki resolusi 12MP dengan fitur dual piksel PDAF dan 2MP untuk kedalaman.

Fitur lainnya di kamera utama dalam LED Flash untuk mendukung fotografi di ruang minim cahaya. Lalu HDR untuk stabilitas gambar dan panorama untuk memotret objek dengan jangkauan sudut angle 180 derajat.

Llau untuk kamera selfie, ponsel ini mempersenjatai diri dengan lensa 8MP. Kapasitas resolusi cocok untuk memotret diri dengan hasil gambar yang jelas dan detail. Kamera selfie juga memiliki fitur HDR.

Baterai jumbo

Baterai yang dipakai Redmi 8 terbilang besar, yakni 5.000 mAh dengan fitur pengisian daya 18 watt. Fitur ini menjanjikan pengisian baterai cepat. Biasanya baterai bisa terisi 50 persen dalam jangka waktu 50 menit.

Kelebihan Redmi 8

– Harga murah
– Desain unik dan modern
– Mudah digenggam
– Prosesor dari Qualcomm
– RAM 4GB
– Baterai jumbo
– Kamera bagus dengan kaya fitur

Kekurangan Redmi 8

– Tidak cocok untuk selfie dengan kamera resolusi kecil

Kesimpulan

Ponsel Xiaomi Redmi 8 masih terbilang layak untuk dibeli bagi mereka yang ingin HP keren tapi dengan harga murah. Meski ada sedikit kekurangan, namun hal itu bisa ditutupi dengan banyak kelebihan.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *