Jangan Panik, 5 Langkah yang Bisa Dilakukan Jika Kamu Positif Covid-19

Ilustrasi virus corona (credit: PIRO4D from Pixabay)

Virus Corona atau Covid-19 menjadi wabah pandemik di seluruh dunia. Virus yang mematikan ini sudah menjangkit hampir ke seluruh negara dan menewaskan ribuan orang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa status penyebaran virus asal Wuhuan, China, itu menjadi pandemik. Sejumlah negara yang cukup parah menerima dampak virus ini adalah China, Italia, Spanyol dan negara lainnya.

Situasi ini tentu saja menimbulkan kecemasan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri hingga Kamis, 2 April 2020, virus ini sudah menyebabkan 157 orang meninggal dan 1.417 dirawat.

Gejala umum dari virus ini adalah demam, batuk kering dan sesak nafas. Tapi ada pula yang tak menunjukkan gejala apa-apa tapi setelah dites swab ternyata positif corona atu Covid-19.

Hal tersebut justru membahayakan bagi orang-orang di sekitarnya, terutama bagi mereka yang rentan, seperti orang lanjut usia. Penanganan yang kurang tepat bisa menjadi fatal.

Dirangkum dari Merdeka.com, berikut 5 langkah yang dapat dilakukan saat kamu menderita positif Covid-19. Jangan panik, tetap terapkan kebiasaan hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

1. Jalani Isolasi Diri di Rumah

Bagi yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan seperti panas, batuk, dan lemas cukup menjalankan isolasi diri di rumah. Dalam kondisi gejala sakit ringan tersebut, seorang pasien positif corona yang tidak mengalami sesak napas dan masih dapat beraktifitas ringan tidak perlu diisolasi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisolasi diri di rumah. Sebisa mungkin pasien yang terinfeksi oleh virus ini menghindari kerumunan, membatasi aktivitas di luar rumah. Hal ini guna mencegah penularan pada orang-orang sekitar.

2. Hubungi Dokter untuk Minta Arahan

Bagi pasien positif virus Covid-19 bisa menghubungi dokter secara online atau rumah sakit agar mendapatkan arahan yang tepat. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah gejala yang lebih buruk dan penularan ke orang lain.

Dengan merebaknya virus Covid-19 ini pemerintah telah menyiapkan layanan Hotline Center Corona Covid-19 bagi yang mulai merasakan gejalanya.

3. Penuhi Asupan Makanan Sehat dan Vitamin

Asupan makanan sehat dan vitamin yang cukup dapat memulihkan imun tubuh. Membuat kondisi pasien positif virus corona akan lebih baik.

Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh pasien positif virus covid-19: jahe, bayam, brokoli, buah strawberry, buah citrus, bawang putih, dan lain sebagainya.

4. Gunakan Masker

Bagi yang kurang sehat atau pasien positif virus covid 19 sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari penyebaran virus semakin luas.

Gunakan masker secara benar dan pastikan masker menutup mulut, hidung, dagu. Jika menggunakan masker bedah, cara yang tepat adalah gunakan bagian masker yang berwarna menghadap ke depan.

Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika tersentuh segera untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

5. Periksa Diri ke Rumah Sakit Rujukan

Jika dirasa kondisi pasien positif virus Covid-19 dengan gejala sakit berat, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke rumah sakit rujukan yang telah di tunjuk oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika pasien dengan gejala berat tidak ditangani dengan serius maka akan berakibat fatal.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *