Garam Bisa Sembuhkan Maag Itu Hoaks, Ini Cara Atasi Asam Lambung Kumat

mcmurryjulie dari Pixabay

Saya pernah mendengar dari beberapa orang tentang cara menyembuhkan maag, asam lambung, gerd dengan garam. Katanya, jika asam lambung sedang naik, kita tinggal mengisap garam.

Selain dari mulut ke mulut, tips ini juga menyebar melalui pesan singkat. Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa garam mengandung basa ketika masuk ke mulut. Basa ini bisa menetralisir asam.

Berikut isi lengkap pesan tersebut:

Asam akan ternetralisir sifat basa pada garam. Asam lambung bersifat membantu pencernaan tapi sangat merusak jika berlebihan. Segera netralisir asam lambung dengan menghisap garam,”.

Nggak terbayang jika penderita itu memiliki penyakit darah tinggi. Asam lambung belum tentu sembuh, namun penyakit darah tinggi bisa kian parah.

Ternyata memang bahwa mengisap garam untuk penderita maag atau asam lambung itu adalah hoaks.
Dokter ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ari Fahrual Syam SpPD KGEH menyebutkan, bahwa mengisap garam untuk penderita maag itu hoaks. Justri, kata Ari sebagaimana dikutip Detik, garam berpotensi memperburuk gangguan maag.

Hal itu juga diperkuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui akun resminya yang menyebut bahwa info garam bisa menyembuhkan maag itu masuk kategori disinformasi alias hoaks. Kominfo juga mengutip pernyataan dr Ari melalui media online Detik.

Lalu bagaimana untuk meredakan asam lambung ketika kumat. Berikut beberapa tips yang pernah saya lakukan.

Beberapa penjelasan tips berasal dari dr Ari. Selebihnya hasil pengalaman saya sendiri.

1. Minum air hangat

Tips ini pernah saya sampaikan di artikel sebelumnya bahwa cara tepat dan manjur mengatasi maag atau asam lambung adalah dengan minum air hangat kuku, yang diminum.

Karena hangat kuku, maka minumnya jangan disekaliguskan. Minumlah secara perlahan-lahan.

2. Tetap tenang

Ini yang harus dilakukan. Ketika maag kumat atau asam lambung naik, tetap tenang jangan panik. Kalau lagi di rumah coba sedikit berdiri dan jalan kalau kuat. Itu setidaknya bisa membuat gas asam lambung keluar melalui sendawa.

Sikap tenang sangat membantu mengatasi asam lambung. Sebab, ketika panik, maka asam lambung malah semakin meningkat.

3. Minum obat antasida

Persiapkan obat antasida di rumah atau di perjalanan. Obat ini bisa menetralisir asam yang bisa mengurangi gejala gangguan tersebut.

4. Konsumsi makanan yang lembut

Makanan dimaksud adalah tak terlalu asa, asin atau pedas, namun memiliki tekstur yang lembut. Makanan seperti ini bisa menurunkan risiko peningkatan produksi asam lambung.

Sumber

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *