Daftar Makanan yang Aman untuk Penderita GERD

Ilustrasi makanan (credit photo: pixabay)

Mungkin Anda akan bertanya makanan yang aman untuk penderita GERD. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 terkait makanan yang aman dikonsumsei penderita GERD. Penelitian itu mengambil sampel 500 penderita GERD.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi keseringan gejala GERD atau asam lambung muncul. Berikut makanan yang aman untuk penderita GERD.

  • Makanan yang mengandung serat tinggi, terutam serat tinggi.
  • Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kentang yang mengandung karbohidrat tertentu.
  • Makanan yang mengandung sumber protein dari sumbr rendah kolesterol seperti salmon, almond, daging unggas tanpa lemak, kacang-kacangan dan lentil.
  • Makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Buah kaya serat, magnesium, dan kalium. Seperti apel, pir, alpukat, melon, persik dan pisang.

Bahaya GERD 

Penyakit GERD merupakan level terparah dari penyakit maag dalam bahasa orang awam. Penyakit tersebut bukan lagi hal yang asing di telinga masyarakat Indonesia.

Banyak masyarakat Indonesia menderita penyakit tersebut. Penyakit ini menyerang bagian lambung hingga menyebabkan komplikasi.

Lama-lama penyakit ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam, dikutip Kompas.com, mengatakan, GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi karena asam lambung atau isi lambung yang naik mengakibatkan luka pada dinding dalam kerongkongan.

Luka itu kemudian bisa meluas dan menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah.

Kata Ari, GERD juga dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan hingga menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s yang merupakan lesi pra kanker.

Efek GERD bisa menyebar di luar saluran pencernaan yang menyebabkan berbagai komplikasi seperti: erosi dental, faringitis kronis, sinusitis, laringitis, asma, fibrosis, dan paru idiopatik.

Makanan Pantang untuk Penderita GERD

Berikut makanan dan minuman yang pantang bagi penderita GERD.

  • Minuman berkafein

Penderita GERD sangat tidak boleh minum minuman berkafein karena akan memperparah keadaan lambung. Sebab, kafein bisa memicu produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

  • Soda

Soda juga bisa merangsa naiknya asam lambung. Kadar soda yang banyak biasa ditemukan pada minuman berkarbonasi.

  • Cokelat

Cokelat disebut mengandung theobromine yang bisa mengakibatkan otot esophabgeal sphincter mengendur. Ketika otot itu mengendur, maka asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Sumber: Kompas.com

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *