5 Buah dan Rempah yang Ampuh Mengatasi Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dikenal dengan istilah gastro esophageal reflux disease (GERD) bukanlah penyakit mematikan, namun menyiksa. Penyakit ini merupakan dampak dari pola makan dan pola pikir yang buruk.

Asam lambung atau GERD merupakan salah satu penyakit modern dan biasa menjangkiti hampir semua orang. Orang di daerah-daerah dengan tingkat stres tinggi seperti ibu kota sangat rentan terkena GERD. Karena gerd merupakan satu tahap lebih buruk dari maag dan biasanya diikuti dengan psikosomtis.

Gejala-gejala GERD adalah nyeri ulu hati, merasakan sensasi panas di dada dan tenggorokan. Kepala pusing dan mata kunang-kunang. Biasanya gejala itu diikuti dengan susah menelan karena ludah tertahan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan.

Dalam kasus tertentu, GERD kerap disertai dengan kecemasan atau anxiety. Jika itu terjadi, maka pengobatannya bukan hanya dengan obat lambung tetapi juga dengan obat penenang.

Namun demikian, jangan khawatir, saat ini sudah ada beberapa obat alamiah yang bisa dikonsumsi untuk meredakan asam lambung. Berikut daftar buah dan rempah untuk meredakan asam lambung dengan cepat.

1. Pisang

Pisang (Pixabay)

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat aman bagi penderita asam lambung atau GERD. Bahkan buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam mengatasi asam lambun.

Pisang mengandung antsida alami yang bisa melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga mencegah lambung mengalami iritasi.

Kendati demikian, bagi sebagian penderita pisang juga tidak cocok untuk mengatasi asam lambung, bahkan malah memperburuk lambung. Jadi sebelum mengonsumsinya, pertimbangkan terlebih dahulu. Biasanya pisang yang kurang bagus untuk lambung adalah jenis pisang ambon.

2. Mentimun

Mentimun (credit: Pixabay)

Selain untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi, mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam lambung atau GERD. Konsumsilah mentimun setiap dua jam sekali. Kamu juga bisa menjadikan mentimun sebagai minuman jus.

3. Kacang hijau

Banyak orang menyebut kacang hijau ini mengandung zat pelapis yang bisa menebalkan lapisan lambung. Kacang hijau enak dimakan jika dimasak sebagai bubur. Ya bubur kacang hijau. Pengalaman penulis, kacang hijau memang nyaman untuk lambung.

4. Jahe

Jahe (credit: pixabay)

Nah, jahe juga bagus untuk asam lambung. Namun cara mengonsumsinya harus benar-benar dengan takaran yang pas.

Jangan minum air jahe secara berlebihan karena itu bisa meningkatkan asam lambung. Sebelum minum air jahe, makan nasi atau jangan mengonsumsi jahe dalam keadaan perut kosong.

Minumlah jahe hangat secara perlahan-lahan atau menyeruputnya.

5. Lidah buaya

Lidah buaya (credit: pixabay)

Tanaman yang satu ini memang benar-benar pas untuk mengatasi asam lambung. Sebab lidah buaya mengandung zat yang dapat menyembuhkan luka dan menetralisir asam lambung.

Lidah buaya dikupas untuk diambil dagingnya, lalu dijus dan diminum. Rasanya nyaman di perut dan asam lambung pun netral.

You May Also Like

About the Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *